Sabtu, 16 Oktober 2010

MEMPERINGATI HARI KELAHIRAN NABI SAW

By : achmad sunarto

Kewajiban menegakkan keadilan
Alhamdulilah pada kesempatan ini kami dapat bertemu muka dengan bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara yang rohmat yang dimuliakan allah. Harapan kami semoga pertemuan ini membawa manfaat bagi kita semua. amin.

Kaum muslim yang berbahagia

Diantara tanda-tanda orang beriman adalah orang yang mau memperingati kelahiran nabi Muhammad saw.
Dan sekarang kebetulan masih dalam suasana memperingati hari kelahiran nabi muhammad saw, yaitu tanggal 12 Rabi’ul Awwal, hari senin. Maka sudah sepantasnya bilamana dalam saat-saat seperti ini kita ikut berkiprah memeringatinya dalam berbagai bentuk kegiatan yang dapat mencerminkan kecintaan kita kepada beliau.

Kaum muslim yang berbahagia

Sebagaimana tadi sudah disebutkan diatas, bahwa rasullah saw telah bersabda yang artinya : ”barang siapa mengagungkan hari kelahiranku, niscanya aku akan memberi syafaat kepadanya kelak pada hari kiamat dan barang siapa mendermakan satu dirham didalam menghormati hari kelahiranku, maka seakan-akan dia telah mendermakan suatu gunung emas di dalam sabililah”.

Hadis diatas jelas memberi peringatan kepada kitabetapa pentingnya memperingati hari kelahiran rasullulah saw sehingga barang ssiapa saja yang mau memperingati hari kelahiran beliau, niscaya beliau akan memberi syafaat atau memberi pertolongan dihari kiamat kelak dimana pada hari itu memang setiap orang butuh pertolongan agar bisa selamat dari berbagai siksa dan bencana yang menerikan.

Sebagaimana firman allah :

(artinya : ”sesungguhnya memberi tangguh kepada mereka sampai hari pada waktu itu mata (mereka) terbelalak. Mereka datang bergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mengangkat kepalanya, sedang mereka tidak berkedip dan hati mereka kosong. Qs ibrahim: 42-43).

Kaum muslim yang berbahagia

Oleh sebab itu pada bolan maulut atau rabiul awwal dimana-mana orang menyelenggarakan perayaan dalam berbagai bentuk kegiatan untuk memperingati hari kelahiran rasullulah saw dengan harapan agar dicatat sebagai orang yang bakal mendapat safaat dari beliau atau digolongkan sebagai orang yang menghidup-hidupkan agama islam, dan juga kelak apabila mati masih dalam keadaan tetap beriman.

Berkata sayyidina umar’ra :

(”barang siapa mengagunkan hari kelahiran nabi muhammad saw maka benar-benar ia telah menghidupkan aga islam”)

Sementara itu Sayyidina Ali ra. Juga berkata:

(”barang siapa mengagunkan hari kelahiran nabi muhammad saw niscaya tidaklah ia keluar dari dunia(mati) kecuali tetap dalam keadaan iman”).

Kaum muslim yang bahagia

Apa sebab kelahiran rasullulah saw setiap tahun mesti kita peringati ? sudah tentu peringatan maulidiyah yang kita selenggarakan setiap bulan rabi’ul awwalitu mempunyai beberapa tujuan dan faedah, diantaranya adalah:

1. untuk menambah rasa mahabbah (kecintaan)kepada rasullulah saw sebagai orang islam maka mencintai rasulullah saw adalah suatu kewajiban. Bahkan bukan hanya kepada beliau saja, melainkan kepada sahabat dan keluarga beliaupun kita wajib mencintainya, melebihi dari kecintaan pada diri sendiri dan keluarga. Rasullulah saw bersabda: (”tidaklah sempurna dari iman kalian sehingga aku lebih dicintainya dari pada anaknya, orang tuanya dan manusia seluruhnya. Hr bukhari dan muslim)

hadist ini memberikan peringatan dengan jelas bahwa kita wajib mencintai rasullulah saw melebihi rasa cinta kita kepada anak, orang tua, dan kepada seluruh umat manusia. Maka belum sempurna iman seseorang jika ia lebih mencintai anak, orang tua dari pada rosullulah saw adapun salah satu cara untuk melahirkan rasa cinta kepada beliau dengan berbagai kegiatan keagamaan sebagai mana lazimnya seperti menyelenggarakan pengajian umum, menyelenggarakan kitanan masal, memberi hadiah kepada anak-anak yatim piatu, membaca al barzanji di masajit, surau atau langar, membersihkan tempat-tempat ibadah dan lail-lain yang kesemuanya itu dilakukan pada bulan rabiul awwal dengan niat mengagungkan kelahiran nabi muhammad saw dengan cara seperti ini atau lainnya insya allah rasa mahabbah kita kepada beliau semakin bertambah.

2. untuk menumbuhkan kesadaran meniru segala prilaku rasululah saw kita sebagai umat islam harus bisa mengikutiprilaku yang telah diteladankan oleh rasullulah saw semua tingkah laku kehidupan kita sehari-hari harus meniru apa yang telah dilakukan beliau. Memang kadang-kadang kita merasa enggan untuk mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau. Dalam perasaan kita kadang-kadang timbul perasaan dan anggapan bahwa apa yang dikerjakan oleh rasullulah saw sudah ketingalan jaman, kalot, ortodok. Padahal jika kita mau menyadari maka sesungguhnya ajaran beliau itulah yang paling baik maju dan sesuai dengan kepribadian manusia yang berbudanya. Sebab apa saja yang beliau lakukan semuanya berdasarkan wahyu allah sehingga biliau itu adalah pusat dan sumber dari semua teladan yang baik.

Allah telah berfirman:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) rasullulah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut allah Al Ahzab: 21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar